.

.

Pages

Tuesday, December 20, 2005

Apa itu MANUSIA ?


Apa itu manusia,bagaimana pula manusia itu terbentuk, terdiri dari apa saja manusia, bagaimana kita mendeskripisi manusia itu sendiri ??

Manusia terbentuk dari 2 kelompok utama yang disebut dengan jiwa dan batin atau jasmani dan batiniah.

a. Jasmani atau Rupa (bahasa Pali) terdiri dari 4 kelompok besar yaitu :
1. Unsur padat (tanah) Pathavi
2. Unsur cair Apo
3. Unsur panas Tejo
4. Unsur gerak (angin) Vayo

Jasmani atau tubuh manusia mempunyai 32 jenis organ tubuh, seperti tulang, lambung, darah, usus, dsb.b. Batin atau Nama (bahasa Pali) terdiri dari 4 kelompok besar yaitu :
1. Perasaan (Vedana)
2. Pencerapan (Sanna)
3. Bentuk-bentuk pemikiran (Sankhara)
4. Kesadaran (Vinnana)

Semua keterangan di atas dapat di sebut sebagai Panca Khandha, yaitu 5 kelompok, Jadi, manusia terdiri dari 5 kelompok, yakni :
1. Jasmani (Rupa)
2. Perasaan (Vedana)
3. Pencerapan (Sanna)
4. Bentuk-bentuk pemikiran (Sankhara)
5. Kesadaran (Vinnana)

Ketika kita ditanya, apakah itu manusia ? Kita mempunyai jawaban atas pertanyaan tersebut, yaitu, manusia itu terdiri dari jasmani, seperti badan, tulang, darah, empedu, dsb, manusia mempunyai perasaan, seperti perasaan sedih, senang, ragu, iba,dsb, manusia mampu mencerap segala sesuatu, misalnya manusia mempunyai persepsi terhadap segala hal, manusia juga mempunyai bentuk-bentuk pemikiran, seperti pikiran jahat, pikiran baik, dsb dan terakhir manusia memiliki kesadaran.

Apabila ditelusuri lebih dalam, sebenarnya manusia hanya sebuah nama, sebuah nama yang menjadi kesepakatan bersama, manusia tidak dapat di artikan secara nyata, karena manusia terbagi atas berbagai komponen-komponen yang disebut Panca Khandha (5 kelompok).

No comments: