.

.

Pages

Wednesday, August 29, 2012

Biksu bantu altet Olimpiade bermeditasi

[Photo: Atlet Olimpiade yang mengunjungi kuil Pendeta Bogoda Seelawimala Thera tak hanya pemeluk agama Buddha.]

Biksu Buddha yang bertugas di kuil perkampungan atlet Olimpiade mengatakan dia merasa
beruntung mendapat tugas mengurus kesejahteraan psikologis para atlet.

Ada lebih dari 500 atlet pemeluk Buddha di perkampungan Olimpiade. Namun, yang datang untuk mendapat pengarahan spiritual dari Pendeta Bogoda Seelawimala Thera tidak hanya atlet yang beragama Buddha.

Selain mereka yang berasal dari negara-negara yang sebagian besar penduduknya menganut Buddha seperti Cina, Thailand, Taiwan, Jepang, Korea dan Sri Lanka, ada juga atlet non-Buddha yang sering menemuinya.

"Siapapun yang datang ke kuil saya akan saya sambut dengan baik, lalu membicarakan masalah yang mereka miliki dan mendorong mereka untuk sedikit bermeditasi. Ini membantu mereka untuk menyeimbangkan dan menenangkan pikiran," tutur pendeta asal Sri Lanka itu kepada BBC Sinhala.

Pendeta itu menambahkan bahwa besarnya tekanan menjelang pertandingan kadang-kadang menyebabkan stres. Setelah bermeditasi dia menyuarakan lantunan untuk mendoakan para atlet tersebut.

"Tujuan saya adalah memberi mereka kekuatan dalam upaya mereka menjangkau medali Olimpiade," katanya.

Biksu Bogoda Seelawimala Thera menyatakan kegembiraannya menjadi satu-satunya biksu Buddha di perkampungan atlet Olimpiade setelah melalui proses pemilihan yang panjang.

Dia terpilih di antara para biksu Buddha dari Thailand, Cina, Jepang dan Burma yang tinggal di Inggris.

"Saya sangat bangga. Sebagai seorang biksu, ini merupakan kesempatan besar bagi saya untuk dapat melaksanakan pelayanan keagamaan. Saya sangat beruntung," tuturnya.

No comments: